Es Mentimun yang Segar


Es Mentimun yang SegarHai Cooking Lovers, Mentimun atau dalam istilah ilmiahnya adalah Cucumis sativus adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga labu-labuan. Menurut sejarahnya, mentimun berasal dari benua Asia. 

Beberapa sumber literatur menyebutkan daerah asal tanaman mentimun adalah Asia Utara. Pertama kali mentimun dibudidayakan manusia terjadi pada 1000 tahun yang lalu. Di Indonesia tanaman ini banyak di tanam di dataran rendah. 

Bagian tanaman mentimun yang paling banyak dijadikan bahan sayuran adalah mentimun yang masih muda. Buah mentimun muda dapat dijadikan acar, untuk campuran gado-gado, asinan dan bahkan dijadikan jus/minuman yang segar. 

Buah mentimun mudah dicerna dan dapat memperlancar buah air kecil bagi penderita penyakit darah tinggi, keracunan saat hamil dan tubuh yang kekurangan cairan. Mentimun mengandung kadar air yang cukup banyak. 

Pada saat cuaca panas atau setelah makan makanan yang syarat akan kolesterol, es mentimun adalah minuman yang cocok untuk disajikan. Yuk, kita buat es mentimun yang pasti segar dan melegakan tenggorokan!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 3 buah mentimun
  • 500 ml air mineral
  • 5 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 1 batang vanili
  • Es batu

Langkah-langkah pembuatannya :
  1. Kupas mentimun kemudia cuci bersih;
  2. Ambil mentimun yang telah dicuci lalu serut sampai semua mentimun habis, sisihkan;
  3. Tuang air mineral ke dalam panci dan nyalakan kompor;
  4. Masukkan gula pasir ke dalam panci, kemudian aduk-aduk hingga gula pasir menyatu dengan air;
  5. Ambil vanili batang, ambil inti dari batangnya dengan menggunakan pisau kecil, masukkan ke dalam panci;
  6. Aduk, hingga air mendidih;
  7. Siapkan gelas, isi dengan serutan mentimun;
  8. Tuang air gula vanili ke dalam gelas;
  9. Masukkan es batu sesuai selera, kemudian sajikan.
Tips : Pilihlah mentimun yang masih muda, jangan menggunakan mentimun yang terasa pahit karena akan mengurangi kenikmatan ketika meminumnya.

Terimakasih telah membaca Es Mentimun yang Segar. Bagaimana mudah bukan? Jika sobat cooking lovers menyukai resep ini, silakan share agar lebih bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan.

Untuk resep masakan keluarga yang enak dan bergizi lainnya bisa sobat cooking lovers ikuti di google+ dan facebook. Selain itu bisa juga mendaftarkan email sobat cooking lovers di sebelah kanan untuk mendapatkan update resep terbaru. Jangan lupa untuk bookmark dengan cara (ctrl+D) agar tidak kehilangan jejak untuk resep selanjutnya.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Es Mentimun yang Segar"